Senin, 28 Maret 2011

catatan seorang mekanik

Referensi: SKF Bearing Installation and Maintenance Guide
Aturan umum yang harus diikuti:
Jika aturan ini tidak diikuti, maka akan menyebabkan umur bearing berkurang akibat dari kegagalan bearing itu sendiri
Read More…
Posted by: kishandono | 14th Dec, 2009

Pengenalan Terhadap Vibrasi

spectrumTentu tidak asing kata “vibrasi” bagi  seorang mahasiswa Teknik Mesin, atau bagi yang sudah lulus. Mata kuliah ini kerap menjadi momok menakutkan karena memang sulit dimengerti, sangat sulit bahkan. Tapi pada penerapannya di lapangan tidaklah sesulit teori yang diajarkan, karena tersedianya alat yang membantu seorang engineer menganalisa kerusakan mesin dari getarannya.
Read More…
Posted by: kishandono | 29th Jan, 2009

Penghitungan Umur Gas Turbin

bucket turbineMasih seputaran gas turbin, dan sekitar pemeliharaannya. Jika di tulisan sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana pola pemeliharaan gas turbin, maka pada kesempatan kali ini sedikit saya jabarkan tentang penggantian part dari turbin baik bucket maupun nozzle-nya. Pada dasarnya umur bucket maupun nozzle ditentukan oleh berapa banyak dia mengalami HGPI, dan HGPI dilakukan setelah turbin mengalami 24000 jam kerja (MS6001B).
Read More…
Posted by: kishandono | 5th Jan, 2009

Pemeliharaan Gas Turbine Generator

Bagi yang belum mengetahui gas turbine itu apa, mungkin bisa tanya langsung ke wikipedia di sini. Lengkap disediakan di sana dari mulai cara kerja, fungsinya apa, bentuknya seperti apa, sampai kurva-kurva yang mendukungnya. Pada kesempatan kali ini sedikit saya jabarkan tentang masalah pemeliharaannya. Saya tuliskan setahu saya, mungkin tidak lengkap, bahkan mungkin saja ada kesalahan. Dan apabila memang itu terjadi saya mohon koreksinya.
Read More…
Posted by: kishandono | 6th Dec, 2008

Sejarah Pompa

Tulisan ini dibuat oleh salah seorang teman saya yang mendalami masalah pompa di Jepang. Di sebuah pabrikan pompa terkenal. Mencoba untuk membagi ilmu yang beliau dapatkan, semoga bermanfaat bagi kita semua.. Buat teman-teman lain yang ingin berbagi ilmu, dipersilakan…. Terima kasih kepadaRio Pasha atas tulisannya. “Sangat layak tampil kok yo…”

Gallileo dan Pompa
Sebuah cerita sejarah tentang pompa yang di ceritakan kan oleh seorang Master pompa di tempat saya bekerja, beliau bernama Fujikawa san, Managing Director Torishima Global Team,yang sudah malang melintang di dunia perpompaan baik di dalam Jepang maupun di luar negeri. Terlepas dari ke absahan sejarah dari cerita ini, karena memang saya belum menemukan artikel serupa setelah googling selama beberapa menit, cerita ini sangat menarik untuk disimak.
Dengan gayanya yang berwibawa Master Fujikawa mulai bercerita. Saya akan mencoba untuk menceritakan kembali Inti dari cerita itu. Read More…
Posted by: kishandono | 9th Nov, 2008

hotspot, wifi dan penyedia antenanya

Free hotspot, sekarang di mana-mana banyak free hotspot. Kalo kita mau tanya ke paman google tentu banyak blog/website yang menuliskan list tempat-tempat yang menyediakan layanan free hotspot di kota-kota besar seperti jakarta dan surabaya. Semenjak frekuensi 2.4GHz dibuka untuk umum, makin banyak dan menjamur saja layanan hotspot di Indonesia, baik yang gratis maupun yang berlangganan. Dari mulai cafe-cafe sampai tempat publik ramai didatangi para pencari hotspot (gratis). Bahkan jakarta sebagai ibukota negara berencana untuk menjadi kota cyber, dimulai dengan dipasangnya fasilitas wifi di beberapa tempat.
Read More…
Posted by: kishandono | 24th Oct, 2008

Macam-macam Suppport Pipa

Sebenarnya ini pertanyaan lama dari salah seorang teman saya, mengenai macam-macam support pipa yang biasa digunakan. Ditanyakan dalam milis teknik mesin UGM 2001, tapi sepertinya kurang mendapat tanggapan, karena tidak ada salah seorang pun yang menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan yang diajukan seperti ini:
temen2 engineer ada yg bisa bantuin gak tentang model atau jenis2 Pipe support? saya pernah denger ada type anchor,guide,restrain n yang laennya saya gak tau…mungkin temen2 ada yang mo jelasin apa dasar pemilihan type2 support diatas… maturnuwun
Read More…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar